WOSM

WOSM



SERUPA TAPI TAK SAMA (Penting untuk yang sering bikin desain dengan logo/lambang kepramukaan sedunia)

Perhatikan baik-baik dua logo/lambang ini, kecuali warna dan ukurannya, sepintas terlihat serupa. Tak heran bila mungkin banyak di antara kita yang masih keliru membedakannya. Apalagi saat membuat desain untuk berbagai hal, apakah desain untuk poster, banner, kaus, topi, dan sebagainya. Mungkin banyak yang mengira keduanya sama saja, sama-sama logo/lambang Gerakan Kepramukaan/Kepanduan Sedunia (World Organization of the Scout Movement/WOSM). Jadi copas (copy paste) yang mana saja boleh. Apakah benar keduanya sama?
Ternyata tidak. Yang sebelah kiri (dengan latar belakang warna putih) adalah lambang Scout Association, ini adalah nama organisasi nasional kepramukaan di Inggris. Sedangkan yang sebelah kanan barulah lambang WOSM. Perbedaan yang utama adalah ujung bawah tanda fleur-de-lys/bunga lili di tengah kalau milik Scout Association Inggris datar saja, sedangkan milik WOSM meruncing.
Jadi lain kali, bila adik dan kakak ingin membuat desain dengan lambang WOSM, pilihlah lambang WOSM yang benar, jangan sampai salah memilih lambang Scout Association Inggris.